Selasa, 27 November 2018

TIPS MERAWAT KIPAS ANGIN AC INVERTER AGAR TAK MUDAH RUSAK

Kipas angin AC atau yang merupakan singakatan dari kipas angin air conditioner atau air cooler adalah salah satu benda elektronik yang sering kita lihat setiap harinya. Ac tentu saja memiliki fungsi untuk mendinginkan atau menyejukkan ruangan, selain kipas angin maka mungkin banyak masyarakat yang sudah beralih untuk menggunakan ac terutama ac inverter. Bagi Anda yang sudah menggunakan ac di rumah, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan infromasi penting mengenai tips merawat kipas angin ac inverter agar tak mudah rusak.  Tak usah berlama-lama, berikut ini adalah tips merawat ac di rumah Anda :


1.    Gantilah filter secara berkala
Jika Anda membeli ac inverter maka Anda tentu saja harus mengetahui apa saja tips pentingnya untuk melakukan perawatan. Karena ac inverter merupakan salah satu ac yang memerlukan perawatan secara rutin dan berkala sehingga acnya tidak mudah rusak. Tips penting yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan ac yang awet dan tahan lama adalah  gantilah filter pada ac Anda tiap 3 bulan sekali. Sehingga udara yang mengalir dari ac tetap menjadi udara bersih dan aman bagi sistem pernapasan kita. Selain itu dengan sering mengganti filter secara berkala maka bisa membuat ac menjadi lebih baik kerjanya.
Selain itu bagi Anda yang mungkin memiliki alergi maka kami sarankan supaya Anda lebih  sering melakukan penggantian filter ac inverter secara berkala dan lebih sering ya. Karena jika filter ac tidak diganti maka debu dan juga kotoran bisa menumpuk selain itu alergen dan virus juga bisa tersebar ke seluruh ruangan jika filternya tidak sering diganti. Jadi jangan pernah mengabaikan filter pada ac ya, Anda harus sering menggantinya secara berkala. 

2.    Jangan lupa mematikan ac jika tak digunakan
Tips merawat kipas angin ac inverter agar tak mudah rusak yang kedua adalah jangan pernah lupa untuk mematikan ac jika memang sedang tak digunakan. Jika memang Anda akan pergi kekuar rumah maka sebelum Anda pergi kami menyarankan supaya Anda mematikan ac-nya terlebih dahulu dan nyalakan kembali ac ketika Anda tiba di rumah. Karena jika ac tidak dimatikan maka akan menyebabkan pemborosan listrik dan juga membuat ac cepat rusak jika dinyalakan terus menerus. Oleh karena itu jangan lupa jika sedang berpergian maka matikan dulu ac di ruangan atau rumah Anda, selain bisa menghemat energi dan juga tidak menyebabkan anggaran membengkak juga bisa membuat ac menjadi tahan lama. 

3.    Perhatikan ketika menyalakan ac
Pun ketika Anda kembali ke rumah dan mungkin ingin menyalakan ac, maka ada hal yang harus Anda perhatikan. Ac inverter adalah salah satu jenis ac yang memiliki daya dingin yang lebih cepat ketimbang ac lainnya. Jadi ketika Anda baru saja menyalakan ac maka kami menyarankan supaya Anda tidak menyetel langsung pada suhu terendah, mungkin Anda berpikir dengan menyetel suhu terendah maka bisa membuat ruangan menjadi lebih dingin dengan cepat. Padahal hal seperti itu justru bisa membuat kerja ac menjadi lebih berat dan menyebabkan ac menjadi gampang rusak. Karena ini ac inverter, maka walau Anda setel pada suhu berapapun ia akan mudah dingin. Jadi jangan pernah ketika menyalakan ac Anda langsung mengatur ke suhu terendah ya karena bisa membuat ac rawan rusak. 

4.    Periksa saluran ac secara berkala
Tips terkahir yang mungkin seringkali diabaikan adalah memeriksa saluran ac secara berkala. Periksa apakah saluran ac yang menghubungkan unit ke saluran yang ada di luar rumah mengalami kebocoran atau tidak. Jika terjadi kebocoran maka kami sarankan untuk langsung mengganti saluran pipanya sehingga ac bisa berkerja dengan baik kembali.
Itu tadi beberapa informasi penting yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai tips merawat kipas angin ac inverter agar tak mudah rusak. Semoga tips yang kami berikan di atas ini bisa membantu dan juga berguna bagi Anda yang memiliki ac inverter di rumah.

0 komentar:

Posting Komentar