Rabu, 02 Oktober 2019

8 Trik Jitu Agar Karyawan Patuh Terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) Kerja Yang Kita Buat

    Standard Operating Procedures (SOP) dalam sebuah perusahaan memang penting, tidak hanya untuk karyawan saja melainkan juga kemajuan perusahaan. Sebelum SOP dibuat, harus terlebih dahulu melalui beberapa tahapan seperti penyusunan, review, evaluasi, uji coba hingga akhirnya disahkan. Dalam pembuatan SOP, tidak dapat disamakan dengan perusahaan lain, tetapi harus berdasarkan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Itulah mengapa, SOP tidak dapat dibuat secara asal-asalan. 

    Bagi anda pemilik usaha yang ingin menerapkan SOP dan mengetahui bagaimana cara agar karyawan patuh terhadap SOP yang dibuat, mari simak beberapa trik berikut ini:

1.    Libatkan Karyawan Saat Pembuatan SOP
Umumnya pembuatan SOP adalah dilakukan oleh orang-orang tertentu seperti pemimpin perusahaan, bagian HRD, konsultan, kepala divisi dan lainnya. Namun pada prakteknya, tidak ada salahnya untuk melibatkan sebagian karyawan yang dirasa kompeten dan jujur. Karyawan di bagian unit kerja terbawah biasanya lebih memahami kondisi kerja lapangan sehingga hal ini akan sangat membantu dalam penyusunan SOP.

2.    Lakukan Edukasi Posisi Kerja
Cara lainnya agar karyawan dapat mematuhi SOP yang sudah dibuat dengan baik adalah memberikan edukasi terkait apa saja yang harus dilakukan dalam pelaksanaan SOP dan juga memberikan pemahaman mengenai peran penting masing-masing posisi karyawan. Dengan adanya pemahaman yang baik dan matang, diharapkan akan memunculkan kesadaran penuh bagi setiap karyawan akan tanggung jawab kerjanya masing-masing.

3.    Jelaskan Secara Detail
Untuk bagian ini dapat dilakukan oleh HRD, yaitu memberikan penjelasan secara detail mengenai alur kerja SOP. Biasanya untuk memudahkan karyawan memahami SOP yang sudah dibuat, SOP disajikan dalam bentuk flowchart dan narasi. Alur proses kerja  yang tertera di SOP harus jelas, runut dan sesuai dengan kondisi kerja di perusahaan atau lapangan.

4.    Berikan Pemahaman Atas Keterikatan Kerja
Jika penjelasan mengenai detail kerja SOP sudah dijelaskan dan dipahami oleh karyawan, maka selanjutnya memberikan pemahaman mengenai apa saja keterikatan kerja divisi satu dengan yang lain. Ini untuk menyadarkan akan risiko yang ditimbulkan jika saja SOP tidak dijalankan dengan baik dan benar.

5.    Konsistensi
SOP memang dilakukan secara berulang karena ini sebagai acuan atau pedoman kerja bagi karyawan untuk mencapai hasil kerja yang maksimal dan efektif. Untuk itu, diharapkan agar karyawan dapat melakukan SOP dengan konsisten tanpa ada yang mengabaikan bagian dari langkah kerja yang sudah dibuat. Jadi, jangan sampai ada yang terlewat atau tidak dilakukan. Semuanya harus runut dan dilakukan sesuai prosedur kerja.

6.    Berikan Contoh Baik
Sebanyak apapun usaha untuk memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai bagaimana seharusnya bekerja dan mematuhi SOP, jika dalam praktek nyata seorang pemimpin perusahaan tidak dapat memberikan contoh yang baik, maka hal ini sia-sia saja. Karyawan cenderung akan mencontoh perilaku pemimpinnya. Oleh kerena itu, berikan contoh yang baik kepada karyawan.

7.    Lakukan Evaluasi Kerja
Jika SOP sudah mulai dijalankan selama kurun waktu tertentu, lakukan kegiatan evaluasi terhadap hasil kerja. Apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak. Jika dirasa perlu perubahan, penambahan atau pengurangan terhadap SOP yang sudah dibuat, SOP dapat direvisi atau diperbaiki sesuai dengan kebutuhan.

8.    Berikan Penghargaan
Salah satu cara lainnya untuk menjaga kinerja karyawan atau untuk memotivasi karyawan agar bisa terus bekerja dengan baik adalah dengan memberikan penghargaan (Reward). Ada beberapa penghargaan yang bisa diberikan oleh perusahaan kepada karyawan dengan kinerja yang baik, seperti memberikan bonus tambahan berupa uang, promosi jabatan, paket liburan atau dalam bentuk hadiah.

0 komentar:

Posting Komentar